Government Tegal City

The realization of the Prosperous Tegal and Dignity-Based Service Excellence

Map Tegal City

Government Tegal City
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Phone : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Rubah Bahasa

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang kepada masyarakat selama ramadhan dan lebaran tahun ini, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tegal, Bank Umum, BPR diseluruh eks Karasidenan Pekalongan akan membuka layanan penukaran uang kecil bagi masyarakat. Demikian disampaikan Kepala KPw BI Tegal, Joni Marsius saat Pers Conference di Ruang Rapat BI Tegal, Kamis (24/5).

Menurutnya, masyarakat tak perlu panik untuk mendapatkan uang pecahan, karena BI menyediakan dalam jumlah pecahan yang cukup dan kondisi layak edar. Untuk penukaran uang kecil, secara khusus KPw BI Tidak membuka loket khusus tapi akan lebih mengoptimalkan melalui Layanan Kas Mobil Keliling dan Bank-bank Umum ataupun BPR.

Sebanyak Rp 5,4 T disiapkan BI untuk memenuhi kebutuhan uang pada tahun ini yakni untuk penarikan perbankan baik untuk penarikan ATM maupun penarikan atau penukaran masyarakat. Jumlah uang yang disediakan naik 25% dari tahun lalu.

Diprediksi pada tahun ini penarikan yang dilakukan perbankan akan mengalami peningkatan sebesar 16% dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu mencapai Rp 4,3 T maka tahun ini bisa mencapai Rp 5,02 T.

Penukaran yang dilayani di BI dilayani dengan sistem paket untuk satu orang. Dengan batas penukaran pecahan Rp 2 ribu sebanyak 200 ribu saja, Rp 5 ribu sebanyak 500 ribu saja, Rp 10 ribu sebanyak 1 jt saja dan Rp 20 ribu sebanyak 2 juta saja, atau maksimal penukaran total hanya 3,7 juta per orang dalam sekali menukar.

Hal ini bertujuan ntuk mengantisipasi tindak penjualan uang diluar bank, seperti menukar 500 ribu, masyarakat yang menukar jumlah tersebut tidak menerima penuh, karena ada potongan uang bagi penjual.

Ditambahkan Joni, peningkatan kebutuhan uang tunai ini antara lain dipengaruhi oleh tren pertumbuhan uang kartal dan preferensi ke pecahan Rp 100 ribu, kebijakan penambahan libur dan cuti bersama selama 3 hari kerja dari 11, 12 dan 20 Juni 2018, sehingga total hari libur menjadi 12 hari dari 9 sampai dengan 20 Juni 2018. Hal lain adalah adanya wacana kenaikan THR bagi aparat sipil negara dan pensiunan, serta Pilkada serentak di wilayah kerja BI yakni Pilgub, Pilwalkot Tegal, Pilkada Kab Tegal pada 27 Juni 2018.

Top