Government Tegal City

The realization of the Prosperous Tegal and Dignity-Based Service Excellence

Map Tegal City

Government Tegal City
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Phone : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Rubah Bahasa

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

sidak busMenjelang arus mudik lebaran 2018, Dinas Perhubungan Kota Tegal melaksanakan pemeriksaan kelaikan armada bus di Terminal Kota Tegal. Tidak hanya itu, kedatangannya juga sekaligus memberikan edukasi kepada para awak bus, Rabu (23/5) di kawasan Terminal Kota Tegal. 

Kabid Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan Ading Abdul Kadir mengatakan, kegiatan pemeriksaan kelaikan bus merupakan kegiatan rutin  yakni dalam rangka untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan menggunakan angkutan umum dan kenyamanan pengemudi kendaraan itu sendiri menjelang arus mudik maupun balik.

Ading menambahkan, pemeriksaan meliputi penggunaan ban kendaraan, KIR dan sebagainya. Menurut Ading salah satu penyebab kecelakaan salah satunya pada angkutan umum adalah kurang maksimalnya kendaraan untuk beroperasi. Melalui pemeriksaan, diharapkan dapat diketahui siap tidaknya bus. Meski terlihat sepele akan tetapi sangat fatal apabila tidak diperhatikan. 

Sementara Ka Dishub Kota Tegal, Harvey mengatakan operasi pemeriksaan armada akan dilakukan di lokasi pull bus dan di terminal, juga nanti akan dilaksanakan operasi gabungan dengan Polres Tegal Kota, Dinas Kesehatan, BNN mendekati arus mudik. Pemeriksaan juga tidak hanya pada kendaraan saja tetapi juga cek kesehatan awak bus. 

Pada pemeriksaan kendaraan, jika memang bus atau armadanya memang tidak layak, maka Dishub akan memberikan surat teguran kepada PO. Jika tetap membandel digunakan untuk beroperasi maka akan ada surat tilang, berkoordinasi dengan Polres. Surat-surat juga akan disita, jika awak bus tetap membandel.

Persiapan lain selain pemeriksaan bus, Dishub juga melakukan langkah koordinasi terkait dengan persiapan sarpras, petugas dan lokasi pantauan arus mudik bersama Polres Tegal Kota. Selain itu, upaya sinkronisasi keamanan dan kelancaran, serta mengaktifkan kembali ATCS yg sudah mati 4 tahun.

Hal lain, kesiapan alat lalu lintas sudah dipersiapkan saat ini, seperti RPPJ, water barrier, stick cone, APIL dan sejenisnya.

Top