Government Tegal City

The realization of the Prosperous Tegal and Dignity-Based Service Excellence

Map Tegal City

Government Tegal City
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Phone : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Rubah Bahasa

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

upacara hari jadi 438Seperti biasa di Hari jadi Kota Tegal Ke 438 Tahun Pemerintah Kota Tegal menggelar upacara unik yakni upacara hari Jadi Kota Tegal dengan bahasa logat tegalan. Upacara yang lazim dilakukan dengan seragam resmi dan berbahasa indonesia, namun di upacara hari jadi Kota Tegal semua tatanan upacara dilakukan dengan bahasa logat tegalan. Spontan medoknya ucapan bahasa tegal membuat peserta upacara menahan tawa.

Selain berbeda dalam penyampaian protokoler, pakaian tamu undangan, komandan upacara hingga inspektur upacara juga berbeda. Tamu undangan forkompinda, komandan upacara hingga inspektur upacara yakni Pjs. Walikota Tegal Drs. Ahmad Rofai, M.si harus memakai pakaian beskap adat tegal lengkap dengan sandal slop.

Dengan diiringi musik marching band dari Poltran Tegal, Pjs. Walikota Tegal Drs. Ahmad Rofai, M.Si bersama rombongan Forkompinda memasuki lapangan upacara. Kelucuan penyampaian logat bahasa tegal mulai terjadi ketika komandan upacara Slamet Wahyono meneriakan komando “ jejeeeeegggg maningggg….Grakkkkkk..” ini kemudian peserta upacara tertawa. Tidak hanya itu Pjs. Walikota Tegal terdengar sangat menghayati dalam melafalkan bahasa "ngapaknya" ketika menyampaikan sambutan dalam bahasa tegalan mendhok.

Dengan uniknya upacara tegalan, membuat suasana upacara yang tegang menjadi fresh. Salah satu warga Kota Tegal Zaqi berharap upacara bahasa tegalan bisa membuat bangga warga kota tegal, sehingga tegal tidak merasa malu menggunakan bahasa tegal.

Top