Government Tegal City

The realization of the Prosperous Tegal and Dignity-Based Service Excellence

Map Tegal City

Government Tegal City
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Phone : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Rubah Bahasa

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Bertempat di Aula Kecamatan Margadana, Rabu (11/4) Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal menggelar pelatihan pengolahan perikanan membuat variasi makanan ikan untuk keluarga.

Kegiatan tersebut diikuti kader PKK se Kecamatan Margadana. Tidak hanya teori saja yang diajarkan, tetapi mereka serius saat praktek membuat variasi makanan dari ikan.

Ketua Pokja I PKK Kota Tegal Kusharyanto mengatakan kegiatan yang digelar semata-mata sebagai wahana pembelajaran bersama dalam membuat variasi makanan olahan ikan. Sebab, seperti kita ketahui ikan merupakan makanan yang mengandung gizi yang cukup buat tubuh.

Sehingga diharapkan melalui kegiatan tersebut kader PKK bisa membuat bermacam olahan Ikan, sehingga akan menambah kreasi masakan ibu-ibu di rumah.

Sementara itu, Kepala DKPPP Kota Tegal melalui Kabid Perikanan dan Kelautan Sirat Mardanus mengatakan kegiatan pelatihan ini memang dikhususkan menyasar kader PKK se Kota Tegal secara bertahap yang diawali di Kecamatan Margadana.

Selain mengenalkan produk olahan hasil ikan, sekaligus untuk menggalakkan program Gemarikan dan meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Tegal.

Sirat menyampaikan, dari data yang ada, angka konsumsi ikan di Provinsi Jawa Tengah yakni 26 kg/kapita/tahun. Jika dibandingkan dengan Jawa Tengah, angka konsumsi Kota Tegal lebih rendah yang berkisar 20 Kg/Kapita/Tahun. Hal tersebut, sangat ironis, sebab disisi lain Kota Tegal termasuk 5 besar penghasil ikan di Jawa Tengah selain Pati, Rembang, Batang dan Pekalongan.

Ditambahkan Sirat, upaya mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan akan terus digencarkan. Dalam pengolahan ikan masyarakat dapat membuatnya seperti dipepes, dibakar, jadi bahan kudapan, bolu berbahan dasar ikan dan variasi lainnya.

Top