Government Tegal City

The realization of the Prosperous Tegal and Dignity-Based Service Excellence

Map Tegal City

Government Tegal City
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Phone : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Rubah Bahasa

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

e kelurahanSetelah memberi pelatihan terhadap operator kelurahan dan kecamatan, Selasa pagi (3/4) seluruh lurah dan camat se Kota Tegal di perkenalkan oleh Diskominfo Kota Tegal tentang aplikasi E-Kelurahan. "Nantinya surat yang termasuk dalam aplikasi e-Kelurahan adalah surat pengantar SKCK, Surat pengantar Bawah Nikah, Surat pengantar Izin Hajatan, Surat pengantar Domisili Usaha, Surat keterangan Usaha dan Surat Keterangan Tidak mampu. Keenam surat tersebut bisa dioperasionalkan dengan aplikasi E-Kelurahan." Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal Drs. Markus Wahyu Priyono saat membuka Rakor E-Kelurahan di Ruang Rapat Lantai II Seta Kota Tegal.

Adapun mengenai keabsahan tanda tangan elektronik sudah berkoordinasi dengan Badan Cyber dan Sandi Negara. Untuk digunakan tanda tangan elektronik tersebut harus mendapatkan sertifikasi dari Balai Sertifikasi elektronik. Sementara sebagai payung hukum tanda tangan elektronik tersebut dibutuhkan Surat Keputusan atau peraturan Wali Kota.

Menurut Kabid Tata Kelola E-Goverment Diskominfo Kota Tegal, Joko Windiarto, SH menambahkan aplikasi ini memudahkan pemohon mendapatkan surat keterangan. Pemohon yang sudah mengantongi tanda tangan RT dan RW, kemudaian datang ke kantor Kelurahan. Selanjutnya aplikasi langsung menghubungkan dengan pihak kecamatan untuk ditandatangani. Tandatangan yang digunakan dalam aplikasi ini adalah tandatangan elektronik yang bisa ditandatangani oleh lurah maupun camat di mana pun berada selama tersambung dengan jaringan internet.

Diharapkan dalam waktu dekat sistem aplikasi elektronik kelurahan (E-Kelurahan) bisa segera terwujud agar semakin mempermudah dalam pelayanan Pemerintahan khususnya pelayanan di kecamatan dan kelurahan.

 

Top