Government Tegal City

The realization of the Prosperous Tegal and Dignity-Based Service Excellence

Map Tegal City

Government Tegal City
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Phone : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Rubah Bahasa

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

IMG-20180311-WA0013

Penampilannya kalem, bola matanya memancar sendu. Tapi senyumnya selalu mengembang di bibir. Siapa sangka, dalam dirinya yang lembut sendu itu terpancar keinginan kuat menjunjung tinggi budaya Tegal meski ia mengaku baru berkecimpung dalam hitungan pekan.

Itulah sosok gadis bernama Ais Rahmatika kelahiran Tegal 22 Juli 1992, sewaktu ditemui di sela-sela pembuatan video klip lagu tegalan di Pendapa Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, belum lama ini.

Ais, demikian biasa disapa, adalah anak ke 4 dari 5 bersaudara pasangan Purnomo dengan Ibu Marsiti. Aktivitas sehari-harinya selain menjadi guru di SMK Muhammadiyah, Lebaksiu, Kabupaten Tegal, juga menjadi tenaga pengajar di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal.

“Di SMK saya mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dari hari Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu. Pada hari Rabu dan Kamis, saya mengajar di UPS mengambil mata kuliah Kebahasaan, Morfologi Bahasa Indonesia, dan Metode Penelitian Pendidikan,” tutur Ais.

Di tengah kesibukannya itu, ia menyempatkan diri mendalami akting. Menurut Ais, ia tertarik dunia akting ketika menjadi model video klip lagu tegalan “Apus Asmara” ciptaan Lanang Setiawan. “Mas Lanang menawari saya menjadi model video klip di lagu Apus Asmara,. Padahal saya buta dunia akting. Tapi saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. Saya rengkuh dengan suka cita. Jadilah saya mengenal dunia akting,” katanya.

Setelah pengalaman pertama, ia kembali dipercaya untuk berakting total di nomor tembang tegalan “Garwo Pilihan” ciptaan Lanang Setiawan. Kali ini, ia tidak hanya sebagai model, melainkan didaulat untuk membawakan lagu tersebut. “Ini tantangan. Masalahnya, saya bukan penyanyi. Tapi oleh Mas Lanang, saya diminta untuk sekaligus membawakan lagu tersebut. Apa boleh buat, saya suntuk menghafalkan lagu Garwo Pilihan,” papar Ais mengaku harus belatih kenceng.

Menurut Ais, dalam minggu ini ia sudah masuk studio rekaman dan pembuatan video klip “Garwo Pilihan”. “Pokoknya semangat. Harus bisa menakhlukan apa yang sudah jadi putusan.”

Ditambahkan, nantinya hasil dari pembuatan klip akan dijadikan “Mini Album” tegalan bernuasa musik orkestra. Berisi lima buah nomor. Menjawab pertanyaan, ia mengaku sangat mengapresiasi eksistensi tembang tegalan. “Tembang tegalan harus menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri. Saya bangga dan menjunjung tinggi seni tegalan,” katanya menutup obrolan.

Top