Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Pemerintah Kota Tegal, Menimba Ilmu penanganan penataan kabel di Provinsi Jawa Barat. Pemkot Tegal yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal, Markus Wahyu P beserta Sekretaris Bappeda Kota Tegal Kelik Haryono, diterima oleh Asissten Administrasi Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) DR. H. Dudi Sudrajat Abdurachim, MT, diruang Kerjanya, Komplek Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu, (2/9).

Dalam pertemuan tersebut, Dudi Sudrajat menyampaikan bahwa untuk pengembangan smart city diperlukan adanya infrastruktur yang baik, dan salah satunya yang menjadi perhatian pemprov Jabar dan di sampaikan ke Pemkot Tegal adalah saling bertukar informasi terkait penggunaan fiber optik dan penataannya.

Saat ini, menurut Dudi Sudrajat kita menikmati perkembangan kecepatan teknologi informasi, sementara di sebagian besar wilayah masih terlihat tidak rapih, khusus untuk penanganan penataan kabel fiber optik, karena kita belum memiliki pengaturan terkait penataan kabel.

Kedepan Dudi Sudrajat menuturkan masing-masing daerah idealnya bisa mengatur hal tersebut, teknologinya sudah ada, Ia berharap Pemerintah Kota Tegal, bisa mengimplementasikan teknologi yang Ia sebut “Ducting Bersama” yakni dengan menyediakan rumah kabel yang ditanam di tanah, sehingga kedepan tidak lagi ada kabel-kabel yang semrawut dan kota bisa terlihat rapih, serta memungkinkan mendapat pendapatan sewa kabel dari operator-operator, dan yang tidak kalah penting adalah kita bisa menjaga keamanan informasi internal Pemerintahan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal, Jumadi menyampaikan apresiasi pada Pemprov Jabar yang sudah memberikan pengetahuan mengenai penanganan dan pengelolaan pemasangan kabel perkotaan.

Jumadi menyampaikan ini merupakan upaya, bagaimana Kota Tegal merintis membangun smart city. Mengenai penataan pengelolaan pemasangan kabel di perkotaan, Ia menilai kota Tegal bisa meniru bagaimana Pemprov Jabar mulai menerapkan Ducting bersama.

Ia menyampaikan pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD terkait dan mempelajari, apakah Ducting bersama bisa diimplementasikan di kota Tegal.

Top