Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL- Bersama ribuan masyarakat dan nelayan Kota Tegal Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono secara langsung melepas prosesi sedekah laut di halaman KUD Karya Mina. Selasa (17/09). Pelepasan prosesi tersebut ditandai dengan pemotongan pita melati yang menandakan pelepasan tujuh buah ancak yang berisi tujuh kepala kerbau yang dihias beserta hasil bumi seperti buah dan sayur yang akan dilarung (ditenggelamkan) di tengah laut.

Acara yang berlangsung setiap tahun ini merupakan perwujudan rasa syukur nelayan Kota Tegal kepada Tuhan YME terhadap limpahan hasil tangkapan ikan nelayan Kota Tegal. Sebelum dilarung, sehari sebelumnya, diselenggrakan Pawai ancak yang mengellingi daerah sekitar Pelabuhan, tidak hanya itu kegiatan tersebut juga diisi dengan hiburan orgen tunggal serta pagelaran wayang.

Dalam sambutannya Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan selamat nelayan Kota Tegal atas terselenggaranya sedekah laut yang merupakan tradisi budaya masyarakat nelayan yang rutin dilaksanakan setiap bulan muharram.

‘’Tradisi larung ancak yang dilakukan pada sedekah laut merupakan pencerminan bentuk syukur kepada Allah SWT. Dan menjadi peristiwa budaya sebagai kota bahari. Selain itu merupakan ciri khas dari negara Indonesia sebagai negara maritim dengan bermacam kearifan lokal.

Sebagai kota bahari, Kota Tegal yang berada tepat di pesisir laut jawa mengadakan larung ancak dengan harapan hasil laut tetap berlimpah,’’ ujar Walikota Tegal.

Banyak warga Kota Tegal yang menggantungkan hidup dan bermatapencaharian dari laut. Utamanya banyak yang berprofesi sebagai penangkap ikan. Hasil tangkapan nelayan berupa hasil laut cukup melimpah. Sehingga tepat jika nelayan Kota Tegal bersyukur atas karunia yang diberikan Allah SWT.

‘’Banyak wujud syukur yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari warga Kota Tegal. Misalnya untuk terus beribadah kepada Allah SWT dan bersedekah kepada masyarakat lainnya yang kekurangan, wujud syukur lainnya adalah sikap dan prilaku masyarakat Kota Tegal yang mau melestarikan alam sekitar. Karena dengan pelestarian alam lah, maka hasil laut akan senantiasa berlimpah.’’ ujar H. Dedy Yon Supriyono.

Walikota Tegal juga berharap dengan sedekah laut tersebut menjadikan ajang persatuan para nelayan yang ada di Kota Tegal, sehingga tidak ada perbedaan antara nelayan dengan jenis kapal kecil atau besar. Semua bersatu dan berharap hasil tangkapan akan berlimpah terus menerus setiap hari.

Sedangkan Ketua HNSI Kota Tegal Riswanto menyampaikan bahwa sedekah laut merupakan wujud syukur kepada Allah SWT yang sudah dilaksanakan dari dahulu.

‘’Kegiatan sedekah laut merupakan acara tradisi yang sudah ada sejak dulu. Kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya setiap bulan muharam/suro. Selain untuk melestarikan tradisi, sedekah laut diselenggarakan sebagai wujud syukur nelayan kepada Tuhan YME atas hasil laut yang melimpah,’’ ujarnya.

Top