Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal – Pementasan Mantu Poci yang dipentaskan oleh Teater RSPD Kota Tegal di Taman Budaya Kota Tegal diapresiasi oleh Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, Jum’at (30/8) malam.

Pementasan yang hampir 40 menit itu menghadirkan Yono Daryono sebagai Sutradara, pentolan Teater RSPD itu juga sebelumnya telah mendapatkan penghargaan sebagai sutradara terbaik dalam Parade Teater Daerah ke 8 di Jakarta bersama Mamet Suwargo yang mendapatkan penghargaan Aktor Terbaik dan Penyaji Terbaik bagi Teater RSPD.

Mantu Poci merupakan cerita yang diangkat dari keadaan masyarakat di Kota Tegal, dimana masyarakat yang ingin menggelar hajatan namun tidak memiliki keturunan, Poci sebagai simbol pengantin, layaknya pengantin sungguhan, poci yang disandingkan ada dua jenis yakni poci laki-laki dan perempuan.

Hal itulah yang menjadi menarik dan akhirnya oleh Seful Mu’min diangkat dan dikemas dalam naskah pertunjukan teater.

‘’Ada masyarakat yang secara simbolis menghadirkan poci sebagai subyek hajatan, dan apa pula hajatan yang digelar oleh masyarakat tapi tidak menghadirkan sebuah simbol baik sepasang pengantin ataupun lainya. Hanya saja masyarakat tetap mengundang tamu, tetanga, saudara dan mengabarkan bahwa pihaknya menggelar hajatan. Itu yang ada di masyarakat kita, yang merupakan tradisi dan keunikan yang patut kita jaga,’’ ujar Seful.

Sedangkan Yono Daryono selaku sutradara menyampaikan bahwa pertunjukan Mantu Poci merupakan pentas produksi ke 67 Teater RSPD Kota Tegal.

‘’Ini produksi ke 67 Teater RSPD dengan judul Mantu Poci yang sebelumnya pada beberapa bulan yang lalu mengikuti Parade Teater Tradisional ke 8 di Jakarta dan Teater RSPD mendapatkan juara umum sebagai Penyaji Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik,’’ ujarnya.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono secara langsung mengapresiasi pertunjukan yang digelar oleh Teater RSPD.

‘’Ini salah satu bentuk melestarian tradisi kita, saya ucapkan terimakasih kepada Teater RSPD yang telah mendapatkan tiga penghargaan ditingkat nasional melalui pertunjukan mantu poci. Dan saya mendukung serta menginstruksikan kepada OPD untuk selalu mendukung penuh kesenian dan kebudayan di Kota Tegal,’’ ujar Dedy Yon.

Dalam pementasan tersebut didukung oleh aktor-aktor yang kuat seperti Mamet Suwargo (Sardi), Novi Sumardi (Iroh), Hanif (Dul), Sam (Faozan), Siran (Ubaidillah), Rustam (Bontot Sukandar), Nur (Furoh), Lurah (Bagus Sibrong) serta alunan musik dari Njong.

Top