Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal - Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono. SE.MM kukuhkan dr. Hj. Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal menjadi Bunda PAUD Kota Tegal, pengukuhan ini terjadi ketika dilaksanakan Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Kota Tegal dan Pengukuhan Bunda PAUD Kota Tegal Tahun 2019 dengan tema "Kita Anak Indonesia Kita Gembira", Kamis, (1/8/2019) di Aula Puspita Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal Jl. Perintis Kemerdekaan Kel. Slerok Kec. Tegal Timur Kota Tegal.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa anak-anak adalah penerus keberlangsungan bangsa ini, di tangan merekalah cita-cita pembangunan bangsa ini akan diteruskan, bagi para orang tua anak-anak yang tumbuh sehat menjadi anak cerdas, berbakti dan berguna bagi nusa dan bangsa adalah kebahagiaan yang tidak dapat ditukar dengan harta sebanyak apapun.

“Kerenanya sudah menjadi tanggungjawab kita sebagai orang tua untuk menjaga dan membimbing anak-anak kita agar mereka bisa tumbuh dan berkembang di lingkungan yang baik dan terlindung dari segala bentuk kekerasan dan pengaruh buruk,” ucap Walikota.

Dalam kesempatan itu Walikota juga menjelaskan kewajiban untuk melindungin anak-anak penerus bangsa kita ini bukan hanya ada di tangan orang tua, tapi juga guru-guru yang setiap hari mendidik dan membimbing anak-anak kita di sekolah, generasi terdahulu mungkin hanya mengenal TK atau Taman Kanak-kanak sebagai sekolah paling awal bagi anak-anak, namun sekarang kita juga mengenal Paud atau pendidikan anak usia dini sebagai sekolah bagi anak yang lebih awal dari TK.

Anak-anak di bawah usia 5 tahun sekarang sudah bisa bersekolah tentunya bukan hal yang mudah bagi guru-guru Paud untuk membimbing anak-anak di usia yang sangat dini, semakin dini usia seorang anak dibutuhkan semakin dini usia seorang anak dibutuhkan semakin banyak kesabaran dan ketelatenan untuk membimbing dan mengajarinya karena itu saya sangat mengapresiasi guru-guru Paud yang tidak kenal lelah dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Seiring dengan perkembangan jaman, kehidupan anak-anak tidak sama seperti jaman kita dulu. saat kita anak-anak, kita mengenal banyak permainan tradisional yang menyenangkan. seperti lompat tali, engklek, petak umpet dan banyak lain-lainnya. permainan-permainan itu sebenarnya banyak mendukung tumbuh kembang anak karena dengan memainan permainan itu di luar ruang dapat melatih kemampuan motorik anak. selain itu dengan bertemu dan berinteraksi dengan anak-anak lain, akan melatih kemampuan mereka untuk bersosialisasi dengan anak seusianya.

“Oleh sebab itu tanggung jawab untuk menjaga anak-anak sebenarnya bukan hanya menjadi tanggung jawab guru dan orang tua anak saja, tapi juga orang-orang dewasa di sekitar mereka kita harus bersama-sama mengawasi lingkungan kita agar kita bisa tetap waspada terhadap setiap tindak kekerasan pada anak-anak jangan ragu-ragu untuk mencegah dan melaporkan tindak kekerasan yang terjadi di lingkungan kita khususnya tindak kekerasan terhadap anak-anak,” tutur Walikota.

Sementara itu disampaikan oleh Bunda Bella usai di kukuhkan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya untuk dapat menyandang gelar sebagai Bunda PAUD Kota Tegal

“Dengan dikukuhkannya saya sebagai bunda PAUD saya berharap saya dapat menjalankan perasaan saya sebagai simbol sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD berkualitas juga sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan. Saya juga berharap semoga keberadaan saya sebagai bunda PAUD dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk menyediakan layanan PAUD yang berkualitas,” ucap Bunda PAUD.

Untuk mewujudkan hal tersebut Bunda PAUD membutuhkan bantuan banyak pihak. Baik dari Pemerintah daerah, pihak sekolah dan juga orang tua anak.

“Karenanya saya mohon dukungan dari pihak-pihak terkait untuk dapat terus mewujudkan pendidikan usia dini bagi anak-anak kita sebab periode emas bagi perkembangan anak-anak kita ini tidak akan terlewatkan.,” ucap Bella.

Dalam laporannya Ketua Penyelenggara yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dr. Johardi. MM menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan diatas adalah Menumbuhkan kepedulian kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak serta memberikan perhatian dan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya meningkatkan kualitas anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga yang berkualitas.

Johardi juga menambahkan Peringatah hari anak nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air.

Top