Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Untuk mengecek keaslian uang, khususnya uang kertas, Bank Indonesia Tegal tak henti-hentinya memberikan pengetahuan ciri keaslian uang dengan 3D yaitu Dilihat, Diraba dan Diterawang. Masyarakat juga bisa lebih mengenali uang asli dengan alat tambahan yakni sinar uv. Selain perlakuan 3D terhadap uang khususnya uang kertas, Bank Indonesia Tegal juga mengencarkan 5J yaitu Jangan diremas, Jangan dilipat, Jangan dicoret, Jangan distreples dan Jangan dibasahi.

Kepala Tim KPw BI Tegal Fauzi kuno didampingi Kasirir Bank Indonesia Arief saat bersilaturahmi dengan awak media pantura se-eks karasidenan Pekalongan, Rabu (31/7) mengatakan perlakuan terhadap uang kertas perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Dengan 5J bertujuan agar uang kertas tetap terjaga kondisinya tetap rapi dan baik. Semakin banyak masyarakat yang tidak peduli atau masa bodoh terhadap uang kertas maka akan semakin banyak penurunan kualitas uang kertas dan semakin mempercepat kondisi uang kertas menjadi tidak layak edar.

Dengan semakin banyaknya uang yang tidak layak edar, dan kemudian ditukarkan di BI untuk kemudian dilakukan pemusnahan hingga pencetakan kembali maka akan memakan banyak biaya. Dengan perlakuan 5J tentunya turut menghemat pengeluaran anggaran.

Arif menuturkan 5J diharapkan akan semakin menggerakkan kesadaran masyarakat memperlakukan uang kertas. Termasuk menggunakan dompet panjang agar uang kertas tidak perlu dilipat atau ditekuk. Sama seperti halnya mesin ATM yang memperlakukan uang kertas dengan baik, dengan kondisi uang kertas tetap rapi dan lurus, dan sebaliknya tidak mau menerima uang kertas yang lusuh.

Top