Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

upacara hut kota tegalTegal Kota_Memperingati Hari Jadi Kota Tegal Ke 439 Tahun, Pemerintah Kota Tegal menggelar upacara unik. Upacara yang lazim dilakukan dengan seragam resmi dan berbahasa Indonesia, namun di hari jadi Kota Tegal yang jatuh tanggal 12 April tatanan upacara digelar memakai bahasa logat tegalan. Spontan bahasa tegal yang terkenal medok membuat tawa peserta upacara.

Selain bernada logat tegalan pakaian tamu undangan termasuk komandan upacara dan inspektur upacara berpakaian adat khas tegalan lengkap dengan sandal slop yang biasa dikenal dengan pakaian beskap. 
Dengan diringi musik angklung rombongan Walikota Tegal dan Forkompinda memasuki lapangan upaca.

Awal kelucuan upacara unik ini diantaranya ketika komandam upacara memerintahkan kepada para peserta upacara mengatakan tegap grak diganti dengan bahasa tegal yakni “Jejeg Maning Grak”.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono selaku inspektur upacara harus menahan tawa saat dirinya memberikan sambutan “yang kami hormati ketua DPRD Kota Tegal beserta istri” diganti dengan “Bapak ketua DPRD Kota Tegal sing tak ormati karo bojone” spontan peserta upacara tertawa.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono mengatakan dengan upacara tegalan diharapkan bisa membuat bangga warga tegal sehingga warga tegal tidak merasa malu dengan bahasa tegalan. Apalagi sekarang bahasa tegal justru popular untuk dijadikan ladang mencari rejeki di daerah lain seperti di Jakarta.

Dedy Yon berharap dengan memperingati hari jadi Kota Tegal kita tidak hanya merayakan namun menghormati para pendiri Kota Tegal dengan mendatangi atau ziarah ke makam Ki Gede sebayu. Dedy Yon juga berharap agar birokrasi di Kota Tegal tentunya semakin baik, termasuk masyarakat Kota Tegal semakin sejahtera.

Sementara itu Wakil Walikota Tegal H. Jumadi, ST, M.M mengatakan akan mengupayakan menghidupkan budaya local konten sehingga ke depan Bahasa tegalan menjadi trademark icon tegal, centralnya java ataupun spiritnya java.

Top