Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota Tegal akan tindak lanjuti Pengolahan Air Baku yang sebelumnya sudah pernah di gagas namun belum ditindak lanjuti, hal ini disampaikan oleh  Plt. Pengurusan PDAM Kota Tegal Tatang Suwandi, saat melakukan kunjungan Kerja ke PDAM Tirta Dharma Ayu Indramayu, Senin (25/2).

“Ditahun 2020, praktis PDAM kota Tegal hanya bisa melakukan pemeliharaan jaringan saja, dan tidak bisa menambah pelanggan, sebab debet air PDAM sudah tidak ada lagi penamban” tutur Tatang.

Ia menyampaikan, bahwa salah satu jalan keluar untuk menambah debet air PDAM melalui pengolahan air baku. PDAM kota Tegal menurut Tatang sudah pernah menjajaki hal tersebut, bahkan di tahun 2010 pada saat dirut PDAM kota Tegal dijabat M. Iqbal sudah membuat Detail Engineering Design (DED) pengolahan air baku dari sungai Ketiwon, namun memang belum ditindaklanjuti sampai sekarang.

Awal bulan Maret, pihaknya akan berkirim surat ke Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) dengan menyertakan DED untuk pembuatan pengolahan air baku di Kota Tegal.

Sementara itu, Wali Kota Tegal, M. Nursholeh yang hadir dalam kunjungan kerja tersebut menyampaikan, untuk menangani masalah kekurangan sumber air baku dengan meniru PDAM Indramayu dengan mengolah air sungai menjadi air bersih.  

Nursholeh menambahkan bahwa sumber air bukan hanya dari sungai ketiwon, namun juga bisa diambil dari polder bayeman yang alirannya juga ditunjang dari aliran sungai Kaligangsa.

Menurutnya, dengan pengolahan air baku berasal dari sungai ini diharapkan bisa menghasilkan 50 liter air perdetik ini setidaknya bisa memenuhi 5000 pelanggan. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota menghimbau kepada Plt. Pengurusan PDAM Kota Tegal untuk mempelajari bagaimana PDAM Indramayu dalam Pengelolaan Air bersih, dan bisa diaplilasikan di kota Tegal.

Top