Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

imlekTegal_Senin malam (03/2) ratusan lilin pengharapan dinyalakan memasuki hari raya Imlek 2570 tahun 2019 di Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal. Ada sekitar 300 lilin dibakar oleh pemiliknya. Lilin dibakar tepat pukul 23.00 WIB. Ukuran lilin bervariasi dari tinggi 2 meter hingga lilin yang paling kecil. Lilin yang dibakar ada nama keluarga masing masing pemilik lilin atau nama dari keluarga Tiong Hoa tersebut.

Seperti biasa, lilin diletakan depan pintu klenteng dan dinyalakan serempak pada malam pergantian tahun. Usai prosesi penyalaan lilin berakhir, seluruh warga keturunan Tiong Hoa kemudian dipandu untuk melaksanakan sembahyang Pay Thai Kong. Ritual dilakukan dengan menghadap halaman utama. Dimana ditempat tersebut sudah disediakan altar tempat untuk menaruh dupa, sesajian dan persembahan lainnya kepada dewa. Acara diakhiri dengan membacakan doa dan menyembah para dewa.

Ketua Yayasan Tri Dharma Tegal (YTDT), Kwee Hong Koen atau Gunawan Ade Budi, berharap dengan penyalaan lilin, segenap umat dan masyarakat, pada umumnya, bakal memperoleh kejayaan. "Kami berharap, rejeki, dan usaha di tahun baru makin jaya. Penyalaan lilin di Tahun baru imlek, memiliki arti khusus. Pembeli atau si-pembakar, menurut kepercayaan, membuat keberkahan, rejeki, jodoh, serta penerangan di dunia dan akhirat. Makin besar lilinnya, kian besar rejekinya. Bahkan biasanya dituliskan nama keluarga, atau nama pemiliknya pada lilin itu.
Mereka menyalakan ratusan lilin, sebagai simbol agar tahun mendatang, kesejahteraan dan aktivitas usahanya, senantiasa diberkahi dan diberikan penerangan oleh Yang Maha Kuasa.

Top