Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal - Malam itu lsebayuangit beranjak redup, awan pekan hitam mulai menutupi bulan. Orang sekitaran Rumah Yatim Santo Aji Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal terlihat resah. Mereka sembari berbisik, apakah bisa menyaksikan perhelatan heboh yang sudah dipersiapkan dari mulai sabtu sore .

Ya .. memang Sabtu malam itu (02/02) Study Teatre Muhammadiyah Desa Bedug sedang mengadakan helatan akbar pementasan Sendratasik (seni, drama, tari dan musik) dengan tafsir puisi "Sebayu" karya Lanang Setiawan.

Rintik hujan akhirnya mengguyur pelataran Rumah Yatim Santo Aji, beruntung Tim Study Teatre Muhammadiyah cekatan dengan memindah tempat pementasan yang harusnya diluar pelataran beralih ke dalam Rumah Yatim Santo Aji. Namun keresahan para penonton terobati, meski berada di dalam mereka dapat menyaksikan pementasan dengan khusu.

Pentas Sendratasik penuh pitutur mengangkat cerita tentang perjalanan Ki Gede Sebayu membangun bendungan pesayangan. Dengan di sutradarai Apas Khafasi pementasan ini diawali dengan Ritual shalat Ki Gede Sebayu, munculnya godaan setan setan menari membuat suasana semakin merinding. Apalagi penambahan tata lampu yang eksotik menjadikan pementasan Ki Gede Sebayu terlihat elegan sehingga penonton dibawa ke alam lampau penuh religi.

Suasana mencekam, remang semakin membangkitkan bulu kudu merinding ketika lantunan dzikir para santri berkumandang di sela sela penghayatan pembacaan sajak Sebayu. Hingga akhirnya penonton terperangah, tidak menduga syair sajak Sebayu  merupakan sesi penutup dari Sendratasik itu.

"Sendratasik ini layak manggung ke daerah daerah lain, namun akan lebih memukau jika real time menitnya diperpanjang sehingga bisa memuntahkan emosi penonton masuk kedalam cerita lebih lama" ujar Lanang.

 

 

Top