Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tak terasa sebentar lagi warga etnis Tionghoa akan menyambut Imlek. Perayaan ini tak lengkap jika tidak menyajikan dan saling berbagai satu jajanan khas imlek, yakni dodol ranjang. Kue berbentuk bulat dan berwarna cokelat ini wajib dan selalu ada di perayaan imlek setahun sekali.

Memenuhi permintaan konsumen akan kue dodol ranjang, membuat Mindayani pemilik usaha dodol ranjang sejak sebulan lalu mulai mengerjakan pembuatan dodol. Meski tahun ini begitu terasa kenaikan harga bahan baku, namun Mindayani tetap membuat dodol ranjang. Seperti gula pasir dari harga Rp 9.200 perkilo menjadi Rp 9.500, tepung ketan dari Rp 15 ribu sekarang Rp 15.500 per kilo gram.

Dijelaskan Mindayani, pada proses pembuatannya, membutuhkan bahan tepung ketan, cairan gula pasir dan penambah rasa seperti pandan, kakao dan strawberry. Untuk 5 kg tepung ketan dicampur satu sekitar 5 liter cairan gula pasir yang sudah dimasak. Setelah adonan dicampur kemudian disaring untuk memisahkan kotoran dan endapan. Setelah itu, adonan yang sudah bersih ditambahkan perasa pandan atau strawberry, jika memang rasa original maka tidak ditambahi perasa apapun.

Dari adonan yang sudah bersih kemudian ditakar dibungkus plastik, ditata untuk kemudian dikukus pada dandang berukuran besar. Selanjutnya setelah dikukus baru diangkat dan didinginkan dan baru diberi label merk Sido Makmur kemudian barulah dipasarkan.

Tenaga kerja yang bekerja ditempatnya rata-rata lelaki dan bekerja dari pukul 06.30 sampai sore hari. Dari 4 macam rasa yang dibuat, tetap saja rasa original yang banyak peminatnya. Selain dari kota Tegal dan sekitarnya, mereka yang membeli ada dari Pekalongan, Solo dan Semarang.

Ditambahkan Mindayani, bahwa filosofi kue dodol ranjang setiap imlek dimaksudkan agar lengket persaudaraan antar sesama karena lengket seperti ketan dan gula. Sementara rasa manisnya dodol ranjang dimaksudkan agar didalam kehidupan selalu merasakan yang manis-manis. Untuk harga jual dodol ranjang satu pack ukuran 1 kg seharga Rp 25 ribu dan saat sekarang ini yang laris yakni 1 pack dengan rasa campur.

Maria konsumen dari Pekalongan mengatakan dirinya setiap tahun datang ke dodol Sido Makmur karena memang sudah langganan. Sudah 7 tahun dirinya selalu order dodol ranjang, bahkan setiap order dalam jumlah yang banyak, karena di Pekalongan dijual kembali.

Menurutnya, olahan dodol ranjang bisa dijadikan berbagai bentuk penganan seperti dipotong-potong tipis dan digoreng dengan tepung, atau bisa juga dimakan dengan kelapa parut dan keju. Semua tergantung selera masing-masing.

Top