Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Peran Polisi dan Awak Media dalam hal ini menyajikan informasi dan berita untuk masyarakat tentu harus bermitra dan bekerja sama yang baik. Baim polisi maupun wartawan sama-sama saling membutuhkan. Polisi membutuhkan penyaji berita, dan wartawan membutuhkan informasi apapun dari kepolisian baik ungkap kasus, temuan-temuan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tugas polri. Demikian disampaikan Kabag Ops Polres Tegal Kota Kompol Mandala saat Silaturahmi Kamtibmas Kapolres Tegal Kota bersama Wartawan dan Admin Sosial Se-Wilayah Kota Tegal di RM Rakapok, Kamis (24/1).

Menurutnya, untuk meningkatkan silaturahmi dan kemitraan bersama rekan media, Polres Tegal Kota mengadakan acara kumpul dan silaturahmi bareng. Mandala mengungkapkan, bahwasannya dari tahun ke tahun hubungan dengan wartawan sudah berjalan dengan baik, dan satu sama lain saling melengkapi. Diharapkan nantinya akan lebih mengakrabkan dan memberikan sisi-sisi positif.

Wartawan juga diharapkan turut membantu dalam menciptakan suasana kondusif terlebih sebentar lagi akan menghadapi Pilpres, karena tema pada pertemuan ini adalah Menciptakan Pemilu Tahun 2019 Yang Aman, Damai dan Sejuk di Kota Tegal.

Sementara Sambutan Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah mengatakan, bahwa manajemen media menjadi penting karena ini menjadi salah satu pesan Kapolri dalam promoternya. Media mampu menjangkau dan memberitahu kepada masyarakat, dan sangat penting untuk memberitakan agar masyarakat juga tahu, apa saja yang Polri kerjakan.

Disampaikan Rondhijah bahwa yang mampu mengolah emosi dalam suatu berita adalah rekan-rekan media. Disitulah pentingnya ikatan silaturahmi media dan rekan-rekan wartawan.

Pihaknya juga meminta jangan selalu hal-hal yang tidak baik didalam tubuh polri yang dilakukan oleh oknum yang diberitakan, tetapi lihat pula banyak kebaikan-kebaikan dan tugas polri yang baik untuk masyarakat.

Riyono Toepra mewakili wartawan mengatakan, ada satu kutipan dalam sebuah buku "Siapa yang menguasai informasi, dialah yang mampu menguasai dunia". Begitu pentingnya sebuah informasi bagi seseorang.

Namun seiring perkembangan jaman, media begitu canggih dan mudahnya diakses melalui gadget. Akan tetapi sebagai masyarakat harus mampu memilah mana berita yang benar-benar valid dan buka informasi hoax. Karena saat ini dicanggihnya media informasi, banyak pula berita hoax.

Ada nilai dan sisi-sisi lain dalam sebuah fakta berita. Dari fakta, wartawan sangat mudah untuk membuat sebuah berita, namun ada sisi lain dari fakta tersebut yang mungkin mampu diangkat. Seperti Polisi berhasil menangkap seorang pencuri, berikut dengan barang buktinya. Namun ada sisi lain yang bisa diberitakan seperti kenapa pelaku mencuri atau mungkin yang bisa mendorong seseorang mau bertindak jahat.

Pertemuan ini diharapkan menjadi pertemuan rutin yang selalu diagendakan, agar selalu tercipta suasana akrab.

Top