Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     


20 orang peserta Bintek Alat Permainan Edukasi (APE) program Kementerian dari Direktorat Jenderal Industri Menengah, yang dilaksanakan di Aula Kwarcab Kota Tegal di jalan Hangtuah sangat antusias membuat dan menghasilkan berbagai jenis model kerajinan kayu, Selasa (22/1). APE yang rata-rata berbahan kayu ini, dibuat dari model puzzle bentuk binatang ataupun model menyusun dan menyamakan sesuai bentuk seperti segitiga, persegi ataupun lingkaran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal Heru Setiawan mengatakan bintek dibuka kemarin (21/1) oleh Direktur IKM Kimia Sandang Kerajinan dan Industri Aneka E Ratna Utarianingrum, di Plaza Hotel. Untuk kota Tegal mendapat 5 bintek yang tempat pelatihannya berbeda-beda, seperti Bintek Pengecoran Logam di Pangkah, Bintek Desain Grafis di Poltek Harber, Bintek Perakitan Komputer di SMK 3, Bintek Busana Muslim di LPK Arum dan Bintek Alat Permainan Edukasi di Aula Kwarcab Tegal.

Pelatihan dilaksanakan mulai hari ini 21 sampai 24 Januari 2019. Masing masing peserta pelatihan ada 20 orang. Tujuannya, untuk memotivasi, mereka yang akan memulai usaha ataupun yang ingin meningkatkan usahanya.

Menurut Heru, industri logam yang dulu pernah berjaya, ingin dihidupkan lagi, karena itu bintek pengecoran logam dialokasikan untuk kota Tegal. Termasuk peluang usaha mainan edukasi anak, muslim fashion jm ke depan menjadi peluang usaha yang bagus.

"Jangan selesai langsung bubar, tapi ada kelanjutan, agar masyarakat sebagai pelaku usaha mampu berkembang", ujar Heru

Jika pelaku usaha membutuhkan bantuan peralatan, ada upaya pengajuan bantuan peralatan dari dinas untuk usahanya.

Sementara Dhanang Sasongko selaku pelatih bintek APE mengatakan melihat peluang, tentunya alat permainan edukatif sangat dibutuhkan, terutama untuk dunia pendidikan. Motorik anak-anak usia dini akan termotivasi untuk bisa bermain sekaligus belajar. Dari bintek APE yang baru dilaksanakan sehari ini, rata-rata peserta sangat antusias dan benar-benar mengikuti pelatihan. Saat kegiatan praktek, rata-rata mereka sudah bisa membuat APE.

Top