Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Sudah sejak seminggu ini harga komoditi sayuran di pasaran mengalami kenaikan. Kenaikan berkisar rata-rata dari Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu perkilonya. Salah satu faktor penyebabnya tidak lain karena cuaca yang sudah memasuki musim penghujan.

Solikha salah satu pedagang sayuran di Pasar Kejambon Kota Tegal mengatakan kenaikan harga terjadi pada cabe merah, cabe rawit yang begitu terasa. Untuk harga cabe merah dari harga Rp 20 ribu perkilo naik menjadi Rp 40 perkilo. Sedangkan cabe rawit khususnya rawit merah dari harga Rp 28 ribu perkilo menjadi dari Rp 38 ribu perkilo.

Rokhatun yang juga pedagang pasar Kejambon mengatakan faktor cuaca saat ini mengakibatkan harga cabe dan komoditi sayuran lainnya naik. Tidak hanya cabe merah saja, untuk harga cabe hijau juga naik, dari Rp 20 ribu perkilo naik Rp 25 ribu perkilo.

Tomat juga naik dari Rp 4 ribu menjadi Rp 8 ribu perkilo. Kentang dari Rp 9 ribu sekarang naik menjadi Rp 14 ribu perkilo. Bawang merah dari Rp 20 ribu jadi Rp 26 ribu perkilo. Kenaikan ini sudah terjadi sejak satu minggu yang lalu.

Ka Dinkop UMKM dan Perdagangan Kota Tegal Khaerul Huda mengatakan meskipun terjadi kenaikan harga, diharapkan masyarakat sebagai konsumen bisa bijak dalam berbelanja. Membeli kebutuhan belanja seperlunya saja, tidak perlu membeli berlebihan. Dengan bijak berbelanja juga menghindari pedagang ataupun agen-agen nakal, yang memonopoli banyaknya permintaan masyarakat.

Top