Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Sampai dengan bulan November tahun 2018 KPw BI Tegal telah mengedarkan uang sebanyak Rp 10,915 triliun meningkat sebesar 22% dari tahun 2017 sebesar Rp 8,930 triliun. Sementara uang rusak, uang lusuh, uang yang telah ditarik dari peredaran, sebagai Uang Tidak Layak Edar (UTLE) dan telah dimusnahkan sebesar Rp2,381 triliun, terus mengalami penurunan seiring kebijakan menjaga uang layak edar di masyarakat. Penurunan tersebut dampak kebijakan Bank Indonesia dalam menjaga dan meningkatkan kualitas uang layak edar di masyarakat melalui kebijakan clean money policy. Demikian disampaikan Kepala KPw BI Tegal Joni Marsius saat Pers Conference di Ruang Rapat BI Tegal, Rabu (19/12).

Menurut Joni, Bank Indonesia selaku otoritas Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah memastikan uang yang beredar di masyarakat dalam jumlah dan pecahan uang cukup dan layak edar. Sejak tahun 2016, KPw BI Tegal telah meningkatkan uang layak edar bagi masyarakat di eks karesidenan Pekalongan melalui kebijakan clean money policy dengan layanan penukaran di Kantor, layanan mobil kas keliling dan layanan perbankan. Layanan Penukaran uang rusak/lusuh dan yang telah ditarik dari peredaran pada tahun 2018 akan dibuka setiap hari Senin s.d Kamis sebagai komitmen menyediakan uang layak edar bagi masyarakat.

Upaya pencegahan tindak kejahatan pemalsuan uang rupiah juga menjadi perhatian serius Bank Indonesia. Ini dilakukan dengan meningkatkan intensitas sosialisasi kepada masyarakat dari anak-anak, siswa/ siswi sekolah SD sampai dengan SMA, Mahasiswa, masyarakat umum, aparat kepolisian.

Selain itu, KPw BI Tegal juga melakukan sosialisasi melalui media Radio, televisi, bioskop, dan surat kabar. Sepanjang tahun 2018 KPw BI Tegal telah mengklarifikasi uang yang diragukan keasliannya oleh masyarakat maupun perbankan sebanyak 4,072 lembar turun sampai (minus) 9% dari tahun 2017 sebanyak 4.457 lembar.

Ditambahkan Joni, untuk meningkatkan layanan, pada tahun 2018 KPw BI Tegal memberikan ruang kepada masyarakat untuk membantu layanan verifikasi dan klarifikasi uang yang diragukan keasliannya melalui jasa pengiriman (post). Selain itu, KPw BI Tegal sudah dapat melakukan klarifikasi/verifikasi lebih cepat dan akurat dengan dukungan peralatan yang lebih canggih, dan tetap berkoordinasi dengan BI Counterfeit Analysis Center (CAC) yang ada di Jakarta.

Top