Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Hasil pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal, ada 18 Kelurahan di wilayah kota Tegal yang berpotensi banjir disaat musim penghujan. Demikian disampaikan Kepala BPBD Kota Tegal Andri Yudi, disela-sela Apel Siaga Darurat Bencana Kota Tegal di Pendopo Balaikota Tegal, Kamis (6/12).

Menurutnya dari 18 Kelurahan tersebut, sebagian besar ada di wilayah Kecamatan Margadana dan Kecamatan Tegal Barat. Dijelaskannya, potensi banjir ini, melihat wilayah Kota Tegal dilalui 5 sungai besar yg hilirnya ada di Tegal. Meskipun hujan dalam kondisi normal, namun jika daerah disekitarnya hujan lebat, maka bisa berpotensi lantaran mendapat air kiriman.

Sementara, Polder Bayeman yang memang diperuntukkan untuk menampung air kiriman, juga hujan lebat sudah tidak mampu menampung kiriman air lagi. Namun jika memang terjadi banjir, BPBD siap untuk mengerahkan semua unit, termasuk relawan dengan seluruh peralatan yang ada.

Sementara Walikota Tegal HM Nursoleh mengingatkan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan menghimbau kepada instansti terkait untuk cepat dan tanggap dalam penanganan bencana.

Tahun kemarin terjadi banjir di Kota Tegal, ini menjadi evaluasi, agar semua komponen masyarakat, stake holder harus bersatu padu mengantisipasi datangnya bencana, jangan menunggu dan banyak berkoordinasi namun cepat dan sigap.

Top