Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL – Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) mengajak seluruh umat beragama di Kota Tegal untuk menjaga kondusifitas pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 serta pemilihan legislatif.

Ajakan tersebut tertuang dalam salah satu point Ikrar bersama Kerukunan Umat Beragama di Kota Tegal, yang dibacakan dan ditandatangani bersama oleh generasi muda FKUB Kota Tegal di Gedung Adipura, Selasa (4/12) dalam acara Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama di Kota Tegal yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tegal.

Ada lima point janji dalam ikrar FKUB yakni antara lain selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, selalu menciptakan dan menjaga kerukunan umat beragama demi terwujudnya lingkungan yang aman dan damai di masyarakat, selalu menghargai perbedaan di antara pemeluk agama satu dengan agama yang lain, berkomitmen kuat menjaga pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 serta pemilihan legislatif agar tercipta suasana yang aman, tentram dan menghargai perbedaan politik masing-masing dan bersama-sama mengedepankan toleransi dan nilai-nilai kebersamaan antar sesama.

Generasi muda FKUB Kota Tegal yang menyatakan ikrar bersama kerukunan umat beragama dan menandatangani atas Nama perwakilan dari pemeluk agama di Kota Tegal, antara Imam Sujarwanto perwakilan Agama Islam, Trinyoto perwakilan Agama Protestan, I Gusti Nyoman Mardana perwakilan Hindu, Suyanto perwakilan Agam Budha dan Yongki, T. S, SH perwakilan Agama Konghucu.

Kepala Kesbang Imam Sutopo mengharapkan menjelang Natal dan Tahun Baru agar semua tokoh menjaga kondusifitas wilayah. “Marilah kita saling menjaga satu sama lain. Karena kita bernaung di Indonesia sehingga merupakan kewajiban kita bersama untuk menjaga NKRI,” harap Imam.

Selain itu tahun 2019 nanti bangsa Indoensia juga akan melaksanakan Pemilihan Umum sehingga diharapkan para tokoh lintas agama turut mensukseskan jalannya Pileg dan Pilpres. “Kita juga menggelar sosialisasi kepada sejumlah pihak dengan harapan Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan damai. Jangan sampai peringatan Natal dan Tahun Baru di Kota Tegal akan diwarnai aksi teror. Saling menghargai itu indah sehingga Kota Tegal akan tetap aman.,” ungkap Imam tentang langkah yang dilakukan Kesbang agar kondusifitas Kota Tegal terjaga.

Disebutkan Imam, Kota Tegal merupakan kota yang cukup kecil namun memiliki dinamika yang cukup tinggi. Sehingga diharapkan agar semua tokoh bersatu padu menjaga kondusifitas Kota Tegal.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tegal I Made Suwarjanah, SH., M.Hum mengatakan pendandatanganan dan sumpah oleh masing-masing umat beragama merupakan point penting dari kegiatan Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama.

“Inti dari kegiatan ini terletak pada pendatanganan dan sumpah tersebut. Dengan hadirnya bapak ibu sekalian mewakili umat beragama yang ada di Kota Tegal, memiliki semangat dan keinginan untuk bisa menjaga kerukunan dan toleransi dari para umat beragama,” tutur I Made Suwarjanah.

Top