Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Ditengah gelora kampanye hemat energi, kota Tegal dalam waktu dekat akan memiliki Rumah Susun Hemat Energi. Rusun Hemat Energi akan mulai di bangun pada Desember 2018. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Prof. Arief Sabaruddin, sesaat setelah acara penandatangan Nota Kesepakatan antara Puslitbang Perumahan dan Permukiman dan Pemerintah Kota Tegal, di Graha Wiksa Praniti, jalan Turangga 5-7, Bandung (26/11).

Prof. Arief Sabarudin menyampaikan bahwa semuanya sudah siap dan tinggal dilaksanakan setelah penandatanganan nota kesepakatan dengan Pemkot Tegal. Ia menambahkan, pembangunan Rusun Hemat Energi ini tidak terikat dengan tahun anggaran, sebab proyek tersebut dibiayai dari bantuan Hiroshima University.

Menurutnya waktu pengerjaan fisik rusun hemat energi akan dimulai akhir tahun 2018 sampai Mei 2019. Ia menurutkan bahwa rusun yang akan dibangun di Kota Tegal tepatnya dikelurahan Tegal Sari ini merupakan rusun percontohan dan baru pertama di Indonesia.

Ada yang membedakan rusun konvensional dangan rusun hemat energi ini, Puslitbang Perumahan dan Permukiman mengeklaim penghuni rusun akan lebih murah membayar tagihan listrik karena baik penerangan dan sirkulasi udara benar-benar diperhitungkan.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Tegal M.Nursholeh menyampaikan apresiasi kepada pihak Pusdiklat Balitbang Perumahan dan Permukinan dan semua pihak yang sudah mendukung di bangunnya rusun hemat energi.

Pada prinsipnya Pemkot siap untuk mendukung, dan beberapa hal yang menjadi tugas pemkot, seperti tanah, listrik dan air, Nursholeh menyatakan pihaknya siap.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Eko Setawan menyampaikan bahwa kota Tegal akan mendapat dua bantuan rusun dari pemerintah pusat, rusun hemat energi dan rusun konvensioal. Menurut Eko bentuk dan sirkulasi udara akan disesuaikan dengan kondisi di kota Tegal. Ia berharap pembangunan rumah susun hemat energi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, dengan biaya listrik yang lebih murah.

Top