Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal Berpotensi Jadi Ajang Konkurs Nasional

TEGAL – Meski masih seumuran jagung, pengurus Penggemar Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Pengda Kota Tegal telah mampu menyelenggarakan Konkurs Seni Suara Alam Burung Perkutut Walikota Tegal CUP 2018 Liga Perkutut Jawa Tengah Seri 7 di Lapangan Gedung PPIB Kota Tegal, Minggu (25/11) yang dibuka Walikota Tegal Drs HM. Nursholeh, M.MPd. Dengan suksesnya gelaran tersebut, Pengda Kota Tegal berpotensi menyelenggarakan konkurs nasional.

Dalam kesempatan itu, Walikota memberi apresiasi dan harapan penggemar burung perkutut di Kota Tegal bertambah. “Saya memberi apresiasi para penggemar burung perkutut di Kota Tegal yang semakin bertambah,” ungkap Walikota.

Selain itu, Walikota meminta perlombaan perkutut di Kota Tegal dapat dilaksanakan secara rutin dan dijadikan agenda tahunan. Bahkan bukan hanya tingkat Jawa Tengah tetapi juga bisa diselenggarakan konskurs tingkat nasional.

Ketua Pengwil P3SI Jawa Tengah Yan Suta menyebut ada kemungkinan Kota siap untuk melaksanakan konkurs nasional. “Diperlukan evaluasi dan persiapan karena konkurs nasional itu berbeda dengan konkurs saat ini diselenggarakan yang termasuk liganya Jawa Tengah,” ungkap Ketua Pengwil P3SI Jawa Tengah, Yan Suta yang menyebut perkutut-perkutut yang dilombakan di ajang Konkurs Walikota Tegal Cup 2018 cukup berkualitas dan perkembangan penggemar burung perkutut di Kota Tegal terus menggeliat.

Ada beberapa alasan sehingga Kota Tegal memiliki potensi menggelar konkurs nasional. Menurut Yan, wilayah Kota Tegal cukup strategis karena tidak terlalu jauh dengan kota-kota besar lainnya di Jawa Barat seperti Bandung dan Jakarta. “Yang jelas dari Bandung, Jakarta dan Cirebon datang. Saya senang sekali, bahwa kegiatan di Tegal ini disambut dan didukung oleh rekan-rekan lainnya,” ujar Yan senang.

Selain itu, Kota Tegal merupakan salah satu pintu dari barat sehingga diharapkan ada kerja sama dengan pengurus Pengda P3SI lainnya. Sementara Pengda P3SI Kota Tegal sendiri meskipun baru berdiri, namun didukung oleh beberapa tokoh masyarakat dan para pengurusnya sangat lincah dan antusias sekali melaksanakan kegiatan-kegiatan lomba.

Hasil evaluasi yang dilakukan oleh Pengwil P3SI Jawa Tengah, untuk pelaksanaan konkurs nasional tempat yang digunakan konkurs Jawa Tengah kali ini luasnya masih kurang. “Memang kalau untuk lomba nasional masih kurang luas sehingga diperlukan area dengan luas sekitar 8.000 meter persegi,” jelas Yan.

Untuk itu, selain mendorong untuk melaksanakan konkurs tingkat nasional, Pengwil P3SI Jawa Tengah juga memberi dukungan secara all out, dengan memberikan masukan-masukan kepada panitia dan pengurus Pengda P3SI Kota Tegal yang merupakan Pengda yang masih baru.

“Kita memberikan arahan-arahan untuk kedepannya, terutama untuk jadwal lomba yang padat untuk diarahkan jauh-jauh hari diajukan supaya tidak tabrakan,” ungkap Yan yang menyebut ada 15 Penda di Wilayah Jawa Tengah.

Ketua Pengda P3SI Kota Tegal Heri Budiman mengharapkan dengan diselenggarkannya konkurs seni suara alam burung perkutut di Kota Tegal semakin banyak penggemar. “Dulu klangenan, sekarang buat lomba,” ujar Heri yang menyebut kegemaran burung perkutut untuk kelestarian budaya Jawa sejak Zaman Kerajaan Majapahit.

Keluar sebagai juara untuk kelas yunior yakni burung perkutut bernama Benowo milik Irawan ring Sahara dari Pemalang, kelas piyik yunior burung Khabib milik H. Iwan ring Jimat dari Jombang, kelas senior burung Saritomo milik Bambang ring Tyo-Banggar dari Bandung dan kelas hanging pemenangnya burung Kamasutra milik Budi SP ring L’Drago dari Semarang.

Top