Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Wali Kota Tegal, M Nursholeh menghimbau masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap terjadinya bencana. Menurut Nursholeh Awal November diprediksi menjadi musim pancaroba dengan cuaca yang sangat ekstrim. Perpindahan dari musim kemarau ke musim hujan dengan curah hujan yang terus meningkat sangat berpotensi banjir dan angin yang luar biasa dan bisa menyebabkan kerugian serta kerusakan di beberapa wilayan di Kota Tegal.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Manajemen Pasca Bencana, yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tegal, Selasa (30/10) digedung Sanggar Pramuka.

Nurholeh menyampaikan bahwa kita perlu mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari untuk menghadapi kemungkinan terburuk. Sebab Kota Tegal merupakan salah satu daerah yang rentan terjadi banjir, rob dan angin.

Sementara itu, terkait dengan acara sosialisasi Manajemen Pasca Bencana, Wali Kota mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya manajemen pasca bencana ini bukanlah sesuatu yang sederhana karena yang perlu dipulihkan pasca bencana , termasuk juga trauma healing bagi kaum ibu dan anak meliputi banyak hal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasca gempa meliputi perbaikan lingkungan daerah pasca bencana, perbaikan prasarana dan sarana umum, pembuatan rumah masyarakat, pemulihan sosial psikologis, pelayanan kesehatan, rekonsiliasi pemulihan sosial ekonomi budaya, pemulihan keamanan dan ketertiban, pemulihan fungsi pemerintahan, dan pemulihan fungsi pelayanan publik.

Kegiatan rehabilitasi pasca bencana menurut Nursholeh harus memperhatikan pengaturan mengenai standar konstruksi bangunan, kondisi sosial, adat istiadat, budaya dan ekonomi. Oleh karena itu sumber daya manusia perlu terus ditingkatkan dalam penanggulangan pasca bencana.

Selain itu untuk peran relawan penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara optimal dan masing-masing individu dibekali pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam menjalankan tugasnya menangani bencana dan kondisi pasca bencana.

Top