Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

hari santri

Walikota Tegal Drs. H. Nursholeh, M.MPd berpesan agar seluruh masyarakat meneladani perjuangan santri beserta kyai dalam membela tanah air. Pesan Kang Nur sapaan Walikota Tegal dilontarkan saat menjadi Irup Upacara Hari Santri Nasional tahun 2018, yang berlangsung di lapangan Alun-alun Kota Tegal, Senin (22/10). Kang Nur menyebutkan bahwa Kota Tegal memiliki tokoh seperti Kyai Mukhlas yang menurutnya merupakan simbol perjuangan Santri Tegal.

Menurut Wali Kota, Kyai Mukhlas merupakan ulama pejuang yang gigih melawan penjajah, bersama dengan santri – santri melawan penjajah dari bumi kota Tegal meskipun dengan bekal cocolan.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota menghimbau, bahwa hari santri yang diperingati saat ini tidak boleh berhenti pada seremoni saja, tetapi harus digunakan sebagai revitalisasi etos moral keumatan yang melekat sebagai kaum santri yang berkarakter di kota Tegal.

Sementara itu ketua PC NU kota Tegal, dr. Abdal Hakim Tohari menyampaikan bahwa dipilihnya tanggal 22 Oktober, sebagai hari santri nasional karena ada sebuah momentum besar, saat Kyai Hasyim Asy’ari mengumandangkan seruan resolusi jihad dihadapan konsul-konsul Nahdlatul Ulama (NU) se-Jawa dan Madura, saat ancaman terhadap kemerdekaan Republik Indonesia yang saat itu baru berusia tiga bulan yakni 22 Oktober 1945.

Menurutnya Abdal Hakim, kita patut meneruskan perjuangan para ulama dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesi tentunya dengan tantangan yang berbeda pada saat ini.(tom)

 

Top