Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekap Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kota Tegal yang dilaksanakan Selasa (21/8) di Prime Biz Hotel, menyebutkan bahwa DPSHP akhir mencapai 194.719 pemilih setelah dilakukan pendataan, kroscek dan dari masukan-masukan serta laporan masyarakat. Demikian disampaikan Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijonarko dalam sambutannya.

Menurutnya dari jumlah total TPS di empat Kecamatan total 752 TPS, terdata jumlah pemilih Laki-laki sebanyak 98.940 orang dan pemilih Perempuan 99.882 orang. Sementara jumlah yang tidak memenuhi syarat ada 5.164 orang. Dari pendataan juga terdata pemilih baru 1.061 orang.

Agus berharap dari perwakilan Parpol, ketika DPT nanti sudah ditetapkan, untuk kedepannya bisa menyepakati bersama.

Dari pendataan jumlah pemilih baru juga tercatat ada 3.556 orang yang 17 April 2019 nanti sudah masuk usia 17 tahun. Namun aturan baru ditunjukkan dengan bukti rekam E-KTP. Dijelaskan Agus, jumlah tersebut memang rata-rata belum melakukan perekaman E-KTP. Dalam waktu dekat, KPU akan segera melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Kepala Sekolah tingkat SMA dan sederajat, terkait dengan pemilih baru yang belum memiliki E-KTP.

Bawaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto melalui Wiwoho selaku Komisioner mengatakan warga yang belum melakukan perekaman E-KTP diharapkan sesegera mungkin untuk diurus agar nanti bisa menggunakan hak pilihnya.

Dari apa yang sudah dilakukan pendataan oleh petugas terkait, terdapat pemetaan dan indeks kerawanan, disarankan ketika menetapkan dan menentukan tempat TPS harus bisa melibatkan stake holder ditiap-tiap wilayah, termasuk koordinasi dengan personil pengamanan.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal Basuki mengatakan ada penurunan atau perubahan selisih sekitar 4 ribu pemilih antara jumlah data yang lama dengan data yang telah diverifikasi. Untuk data pemilih baru hasil pendataan Disdukcapil ada sekitar 5.244 orang, baik yang sudah memiliki E-KTP ataupun yang belum. Untuk mensukseskan Pemilu dan pendataan, Disdukcapil siap membantu pendataan termasuk pula pada perekaman E-KTP.

Rapat pleno terbuka dihadiri oleh Disdukcapil Kota Tegal, Kesbangpolinmas Kota Tegal, perwakilan Parpol, Bawaslu Kota Tegal, dan seluruh unsur terkait Pemilu.

Top