Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Minggu (19/8) pagi, saat Car Free Day, Kantor Perwakilan (KPw) BI Tegal bersama perbankan diwilayah pantura yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Tegal ataupun yang belum bergabung akan mengkampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Alun-alun Kota Tegal.

Kepala KPw BI Tegal Joni Marsius menjelaskan perbankan mencoba menjaga kedaulatan RI melalui sistem pembayaran atau transaksi berbasis GPN. GPN merupakan sistem transaksi non tunai yang dikelola perbankan Indonesia. Jadi kartu atm yang bertuliskan Visa dan Master kini bisa diganti bertuliskan GPN dengan logo garuda berwarna merah atau putih.

GPN memang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia yang kerap bertransaksi didalam negeri. Sebab perlu masyarakat ketahui, bahwa selama ini masyarakat yang menggunakan atm berlogo visa atau master terdapat potongan administrasi yang harus dibayarkan untuk penyedia jasa yakni kepada visa ataupun master.

Dalam setahun, potongan administrasi ini bisa mencapai trilyunan rupiah yang dibayarkan oleh merchant. Meski penjual ketika berdagang dan bertransaksi dengan non tunai lebih merasa senang, namun didalam kemudahan-kemudahan itu selama pedagang harus membayar kepada penyedia jasa. Bisa dibayangkan, jika transaksi non tunai sangat banyak maka jelas akan memberikan pemasukan yang banyak pula untuk visa atau master.

Begitu pula dengan data-data transaksi yang dilakukan pemilik kartu atm akan masuk pula ke visa ataupun master. Jadi, jika memang tidak sering bepergian ke luar negeri, maka lebih baik menggunakan kartu atm GPN. Meski tetap ada potongan administrasi, namun jumlahnya jauh lebih murah, terlebih ikut menyumbang dan bersama-sama mengembangkam keuangan perbankan dinegeri kita sendiri.

Menurut Joni, pada acara kampanye nanti, ada 22 bank yang tergabung dalam BMPD dan 4 bank yang belum masuk dalam BMPD turut mengkampanyekan GPN saat Car Free Day di Alun-alun Tegal. Ada jalan santai, senam bersama gemu famire, dan penukaran kartu atm langsung di acara kampanye.

Top