Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Bertempat di Gemini Room Hotel Karlita, Kamis (9/8) digelar Temu Usaha Industri Kota Tegal oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal. Acara yang mengangkat tema "Bersinergi memberdayakan IKM Kota Tegal Untuk Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan" dihadiri para pelaku usaha diwilayah kota Tegal.

Kepala Disnakerin Kota Tegal Heru Setiawan mengatakan Industri Kecil Menengah (IKM) mempunyai banyak keunggulan, selain produknya yang sangat beragam, wilayah pemasarannya juga sangat luas. IKM secara tidak langsung menjadi sumber pendapatan masyarakat. Usaha yang sampai saat ini digeluti masyarakat adalah usaha anti krisis yang terus berjalan, karena kreatifitas dan mampu menguasai pasar menjadi pedoman para pelaku IKM.

Pada pertemuan ini, Heru menegaskan bahwa di kota Tegal banyak perusahaan-perusahaan besar, termasuk Mall, Toserba dan Perhotelan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuka dua sisi yang bersinergi, yakni perusahaan retail besar, mall, hotel dapat membuka pintu untuk menerima produk dari para IKM, begitu pula bagi usaha kecil harus bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas produknya. Setelah ini, menurut Heru, Disnakerin akan terus mengawal para usaha kecil masyarakat, agar dapat terus berkembang.

Saat ini saja, Disnakerin tengah menyiapkan sebuah website kewirausahaan bernama TEMIO yaitu Tegal Main Industries Outlook yang diperuntukkan bagi para pelaku IKM agar dapat mempromosikan produknya melalui website.

Sementara Staf Ahli Pembangunan Ekonomi Keuangan Ir. Gito Musriyono membacakan sambutan Walikota Tegal mengatakan dalam menjalani sebuah usaha terkadang kerap terkendala dengan pemasaran. Dengan Gelar Temu Bisnis ini diharapkan akan menjadi solusi. Ada semacam simbiosis mutualisme antara perusahaan retail, perhotelan dengan IKM yang ada di kota Tegal.

Hadir dalam acara tersebut 72 orang pelaku IKM dan perwakilan dari Retail, Hotel, Usaha Galangan Kapal dan PT KAI. Sementara pembicara yang hadir diantaranya Marjoko selaku GM Trade Training Information Center Kadin Jateng, Nur Fitriyani yakni Sekretaris Komisi II DPRD Kota Tegal, Andar Sirait yakni Kepala BNI 46 Tegal, Joko Junanto yakni Ketua PHRI Kota Tegal, dan Fatmi Woro Dwi Martanti dari Konsultan Bisnis Belgia yang menjadi Pemandu Talkshow diacara tersebut.

Top