Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Suasana Senin (30/7) pagi di Pelabuhan Tegal berjalan nampak seperti biasanya. Aktifitas para nelayan , bakul ikan, ataupun ABK kapal berlalu lalang. Namun suasana mendadak mencekam sekitar pukul 09.00, kepulan asap dari salah satu Kapal Mesin (KM) Purseine yang tengah bersandar tiba-tiba nampak membungung tinggi.

Asap hitam semakin mengepul, yang ternyata bersumber dari KM Bintang Samudera. Sontak nelayan dan warga yang mengetahuinya berlarian, ada yang membantu ABK di kapal tersebut, ada pula yang panik lantaran kapalnya berdekatan dengan KM Bintang Samudera.

Segera saja kapal-kapal yang posisinya saat itu berdekatan, menjauh agar api tidak merambat. Untungnya posisi kapal tidak jauh dari kantor KP3, dan langsung dilakukan pengamanan dan menghubungi Petugas Pemadam Kebakaran.

Diduga karena didalam kapal terdapat bahan bakar solar, api dalam waktu singkat membakar dan menghanguskan ruang freezer kapal. Tidak lama tiga unit mobil Damkar datang, dan puluhan personil Polres Tegal Kota diterjunkan mengamankan lokasi.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Jhon Wesley yang turut berada di lokasi mengatakan, kebakaran yang terjadi di KM Bintang Samudera dengan juru mudi Darsono dan si pemilik bernama William atau Ahe, diduga lantaran adanya pengerjaan perbaikan freezer di dalam kapal.

Pengerjaan yang dilakukan yakni dengan pengelasan. Diduga api muncul lantaran adanya percikan dari pengelasan dan menyambar solar yang ada di dalam kapal. Dijelaskan Jhon, bahwa tetap akan dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi. Apakah murni kelalaian, atau ada unsur-unsur lain.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Top