Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Pengamanan kotak suara menjadi hal yang sangat penting menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang besok (27/6) serentak akan dilaksanakan. Untuk pengamanan kotak suara KPU Kota Tegal menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan Kotak Suara di Aula KPU Kota Tegal, Selasa (26/6). Acara tersebut dihadiri Lurah, PPK, PPS di wilayah Kota Tegal dan juga menghadirkan unsur pengamanan yakni dari Polres Tegal Kota, Kodim 0712, Satpol PP dan Panwaslu Kota Tegal.

Sambutan Ketua KPU Kota Tegal  Agus Wijanarko, SH, bahwa pada prosesnya nanti, ketika kotak suara yang sudah bergerak yakni dari Kelurahan/PPS ke TPS, secara aturan tidak bisa lagi di pindahkan.

Di tiap-tiap TPS akan dikerahkan personel pengamanan kotak suara yakni 4 orang Linmas. Dua orang Linmas dibiayai oleh KPU, dan 2 lainnya dibiayai dari Pemkot Tegal. Dikarenakan hal ini sangat penting, maka kotak suara juga tidak diperbolehkan dibawa ke rumah KPPS, dengan dikawal semua kotak nantinya diserahkan ke KPU.

Ketua Panwaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto, SE, mengatakan sesuai dengan aturan bahwa kotak suara ketika sudah di TPS tidak bisa lagi bergerak, bisa bergerak ketika sudah selesai rekapitulasi.

Akbar berpesan agar para petugas linmas yang ditunjuk untuk melaksanakan pengamanan kotak suara agar benar-benar dijaga, dan harus di patuhi.

Sementara sambutan yang disampaikan oleh Kabagops Polres Tegal Kota AKP Mandala, mengatakan bahwa Pilkada merupakan siklus 5 tahunan, dan  tahapan-tahapannya sudah berjalan dengan baik dan aman. Tinggal besok (27/6) waktunya pencoblosan yang perlu dilakukan pengamanan baik dari tingkat TPS hingga kantor KPU.

Polres Tegal Kota sudah menyiapkan 152 personel untuk menjaga TPS dengan dibackup Brimob sebanyak 30 personel dan tambahan dari Polda 15 orang. Personil kami siap membantu mengamankan kotak suara di TPS hingga tahapan Pilkada selesai.

Ditambahkan Pasiops Kodim 0712/Tegal Kapten Kav. Anjar Ariwibowo, mengatakan dalam hal ini Kodim juga siap dan sudah bersinergi dengan Polri untuk mengamankan Pilkada.

Saat ini 1 SSK Kodim sudah disiapkan untuk pengamanan. Tidak hanya itu, Babinsa saat ini juga telah melaksanakan monitoring di setiap TPS. Kita semua berharap, proses Pilkada berjalan aman, tertib dan lancar dengan dukungan penuh dan aktif dari masyarakat.

Top