Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Berdasarkan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Tegal, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di Kota Tegal untuk periode April 2018 berada pada level optimis dengan nilai indeks di atas 100 yaitu sebesar 117,5. Optimisme tersebut didukung oleh komponen Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat Ini yang berada pada level optimis, yaitu sebesar 107,67 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 127,33. Demikian disampaikan Kepala KPw BI Tegal, Joni Marsius melalui Siaran Pers-nya.

Tidak hanya itu, menurutnya diprediksikan ekspektasi masyarakat Kota Tegal terhadap tingkat pengeluaran tiga bulan yang akan datang akan mengalami sedikit peningkatan. Hal ini diketahui dari 49% responden menyatakan hal tersebut. Alasan perubahan belanja konsumsi disebabkan oleh perubahan belanja makanan yang mengalami peningkatan. Hal tersebut selaras dengan ekspektasi harga yang mengalami kenaikan karena keterbatasan ketersediaan barang atau jasa dan pendistribusian barang.

Sejalan dengan Survey Penjualan Eceran yang ditunjukkan oleh indeks penjualan riil pada bulan April 2018 yang diperkirakan mengalami kenaikan. Perkiraan ini didapat dari angka indeks penjualan riil yang tercatat sebesar 123,41 atau mengalami kenaikan pada indeks bulanan (m-t-m) sebesar 2,10 persen. Kenaikan ini diperkirakan terjadi karena naiknya penjualan beberapa jenis barang. Secara spesifik, penjualan pada kelompok makanan, minuman dan tembakau. Hal tersebut paling tinggi dikontribusi oleh minuman, yaitu disebabkan karena perubahan cuaca panas ke kemarau sehingga menyebabkan permintaan terhadap minuman meningkat.

Responden memperkirakan penjualan pada 3 s.d. 6 bulan mendatang akan mengalami kenaikan. Kondisi yang sama juga tampak pada ekspektasi harga 3 s.d. 6 bulan ke depan.

Top