Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

bssnPemerintah Kota Tegal segera menerapkan tanda tangan elektronik. Untuk mensukseskan program tersebut, Pemkot Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi penerapan tanda tangan elektronik, Rabu (25/4) di gedung Adipura komplek Balai Kota Tegal.

Kepala Diskominfo Kota Tegal Drs. Markus Wahyu Priyono mengatakan, sosialisasi tersebut untuk mengenalkan tanda tangan elektronik sebagai alat verifikasi dan autentikasi atas dokumen dan transaksi elektronik yang memiliki kekuatan hukum yang sah.

Kegiatan sosialisasi tersebut, kata Markus, untuk memberikan pemahaman mengenai sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik, memberikan pemahaman mengenai dasar hukum tanda tangan elektronik di Indonesia.

“Kemudian, mensosialisasikan tentang penerapan tanda tangan elektronik pada surat keterangan/surat pengantar yang diterbitkan oleh kantor kelurahan di wilayah Kota Tegal”, kata Markus, dalam  sambutannya.

.Assisten III Setda Kota Tegal Subagyo, S.IP mewakili Pjs. Walikota Tegal Drs. Achmad Rofai, M.Si mengatakan bahwa, paradigma yang masih berkembang di masyarakat adalah, pelayanan yang diberikan oleh pemerintah, prosesnya sulit dan lama.

“Paradigma ini perlu dirubah dengan penyediaan pelayanan publik yang mudah, murah dan cepat. Misalnya, saat mengurus surat keterangan, memerlukan waktu dua sampai tiga hari. Kedepan proses mengurus surat-surat akan lebih cepat”, kata Walikota.

Walikota menambahkan, kota besar di Indonnesia sudah menerapkan smart city. Kota tersebut sudah menerapkan tanda tangan secara elektronik di Kelurahan. Surat-surat yang dibuat, tidak lagi secara manual dan sudah menerapkan tanda tangan secara elektronik.

“Sehingga saat masyarakat datang akan membuat surat keterangan (misalnya) sedangkan Lurah sedang dinas luar tetap bisa dilayanai”, imbuh Wali Kota.

Kepala Seksi Pengelolaan Sistem Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber Sandi Negara, Jonathan G. Tarigan mengatakan dalam Pasal 11 UU ITE menyatakan tanda tangan elektronik memliliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah, artinya kekuatan hukum tanda tangan elektronik sama dengan tanda tangan basah.

Jonathan menjelaskan bahwa menurut UU ITE, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentifikasi.

“Tanda tangan elektronik dapat melindungi dari kejahatan cyber dan tanda tangan elektronik sangat efisien”, ungkap Jonathan.

Kabid Tata Kelola e-goverment dan Pengembangan Aplikasi Diskominfo Kota Tegal Joko Windiarto mengatakan, sebagai awal pencanangan tanda tangan elektronik, Kelurahan Mintaragen dan Randugunting akan menjadi awal penerapan tanda tangan elektronik. Kemudian akan disusul kelurahan lainnya.

Saat ini, kata Joko, 27 Kelurahan sudah menerapkan e-Kelurahan namun belum menerapkan tanda tangan elektronik. Dalam mengurus surat keterangan misalnya, masyarakat masih ke kecamatan setelah ke kelurahan.

Kedepan, setelah penerapan tanda tangan elektronik tidak perlu ke Kecamatan cukup di Kelurahan saja. Proses ke kecamatan akan dipangkas warga tidak perlu ke kecamatan. “Kewenangan Bapak/Ibu camat tetap ada namun secara elektronik”, papar Joko.

Sementara itu, hadir dalam sosialisasi tersebut unsur OPD, Camat, Lurah se-Kota Tegal dan lembaga/instansi terkait.

Top