Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Dalam rangka memfasilitasi pendidikan kepada pemilih tentang kepemiluan, KPU Kota Tegal, Selasa (18/4) melaunching Poci (Pojok Catatan dan Informasi) Pemilu di halaman KPU Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Walikota Tegal yang diwakili Asissten 2 Setda Kota Tegal, KPU Propinsi Jateng, Forkompinda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Ulama, Camat, Lurah, Perwakilan Parpol, Perwakilan KPU wilayah Pantura Barat, dan Dua Calon Walikota Tegal yakni H. Ghautsun dan Moch Ilyas.

Dalam sambutannya Sekretaris KPU Kota Tegal Hervy mengatakan tujuan dilaunchingnya Poci Pemilu adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih, menjadi pusat informasi, destinasi dan edukasi kepemiluan, menanamkan kesadaran berdemokrasi kepada masyarakat.

Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijanarko mengatakan ini untuk wahana edukasi dan sosialisasi informasi tentang pemilu. Di wilayah Jateng sendiri ada dua yang baru dilaunching Selasa (18/4) yakni Kota Tegal dan Blora. Menurut Agus, Poci Pemilu diharapkan akan membawa berkah dan kedamaian untuk kota Tegal, dan tingkat partisipasi pemilih meningkat.

Sementara dari KPU Propinsi Jateng Ichwanudin mengatakan rumah pintar pemilu merupakan program KPU secara nasional namun di tiap tiap daerah diperbolehkan memberi nama sendiri sesuai dengan kearifan lokal di wilayah tersebut. Dijelaskan Ichwan, rumah pintar dibuat untuk mempermudah mendapatkan informasi tentang kepemiluan sekaligus sebagai sarana edukasi kepemiluan. Ini sebagai tekad KPU memberikan data yang valid dan transparan.

Rumah pintar harus terus bisa bermanfaat, karena itu butuh kreatifitas dari KPU setempat. Kegiatan-kegiatan untuk meramaikan rumah pintar harus melibatkan masyarakat sehingga diharapkan tingkat partisipasi pemilih meningkat.

Terkait dengan pilkada serentak, menurut Ichwan di Jateng ada 7 Kab. Kota termasuk Kota dan Kab. Tegal, Banyumas, Temanggung, Magelang, Kab Karanganyar. Jika tidak ada perubahan dan sesuai draft maka pilkada serentak akan dilaksanakan 27 Juni 2018 mendatang.

Top