Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Kemajuan teknologi internet ataupun social media saat ini tidak terlepas dari pemberitaan yang tidak berimbang, tidak jelas, atau bahkan menjurus pada pemberitaan bohong atau yang lebih kenal hoax. Dari definisi hoax sendiri menurut Wikipedia adalah sebuah pemberitaan palsu, usaha untuk menipu atau menggakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut bahwa berita tersebut palsu. Untuk memerangi hoax ini tentunya tidak bisa berjalan sendiri, harus bersama-sama, mengingat fenomena hoax semakin liar dan tak terkendali.

Berkaitan dengan hal tersebut, Mahasiswa dan Pelajar Tegal berupaya untuk memerangi berita hoax melalui Forum Literasi Media Gerakan Anti Hoax Mahasiswa dan Pelajar Tegal Berantas Hoax, Rabu (12/4) di Aula Kampus Politeknik Harapan Bersama. Hadir perwakilan pelajar dan mahasiswa sekota Tegal.

Upaya generasi muda ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan mengajak seluruh pelajar dan mahasiswa untuk bersama-sama memberantas berita hoax.

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Kementerian Kominikasi dan Informasi, Rosarita Niken Widyastuti menyampaikan bahwa Kota tegal adalah kota yang sedang berkembang pesat dan penduduk usia belia atau generasi muda cukup banyak sehingga sosialisasi media sosial di kalangan pelajar atau mahasiswa di kota Tegal merupakan upaya sangat strategis.

Memerangi berita hoax sudah sepatutnya kita lakukan, untuk menghindari berita bohong, provokatif, ataupun berita yang menyesatkan. Tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja dalam memberantas berita hoax, tapi juga menjadi tugas bersama.

Dalam kesempatan sama, Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno menyampaikan bahwa upaya ini adalah sebuah motivasi untuk pelajar dan mahasiswa ataupun kalangan anak muda sekota Tegal untuk bisa dengan bijak dalam menggunakan teknologi.

Menurut Walikota, meskipun masyarakat Kota Tegal sangat kondusif, namun itu perlu pemantapan. Selain deklarasi berantas hoax, upaya ini akan ditindak lanjuti pemantauan pemerintah beserta semua elemen masyarakat untuk bisa saling mengingatkan.

Top