Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL- Ribuan Warga Kelurahan Margadana Kota Tegal dan sekitarnya tumpah ruah ke Jalan Prof. Buya Hamka untuk menyaksikan Pawai Taa’ruf dan Sedekah Bumi yang diselenggarakan Masyarakat di Kelurahan Margadana. Sabtu (29/10). Acara yang dibuka Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno ini juga menampilkan pagelaran wayang golek yang diisi oleh dalang Ki Taryo Carito.

Prosesi Sedekah bumi diawali dengan Pawai ta’ruf yang menampilkan arak-arakan gunungan sayur dan buah serta nasi tumpeng. Berbagi pertunjukan dan kesenian khas Kota Tegal juga ditampilkan dalam pawai yang diikuti berbagai kalangan dari dari anak-anak, pelajar sekolah sampai warga biasa yang berasal dari Kelurahan Margadana dan sekitarnya.

Sejumlah warga bahkan terlibat aksi saling dorong di tengah Jalan Prof. Buya Hamka ketika gunungan sayur dan buah serta nasi tumpeng disebar. Mereka meyakini gunungan sayur dan nasi tumpeng yang diperebutkan warga dapat membawa berkah bagi yang mendapatkannya.

Sobirin (30) warga sekitar, mengatakan tradisi sedekah bumi ini dilaksanakan dari turun temurun dari generasi ke generasi dan sudah berlangsung lama. Setiap kali digelar, warga selalu antusias untuk mengiktunya, karena berharap dapat mendapat gunungan sayur dan nasi tumpeng yang disebar ke warga.

Sementara itu WaliKota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutannya mengatakan tradisi sedekah bumi mempunyai nilai luhur yang harus dimaknai dan dilestarikan. Nilai luhur yang ada di antaranya mensyukuri nikmat yang telah diturunkan Sang Pencipta.

"Ini menunjukan kalau kita maknai sedekah bumi yakni mensyukuri apa yang telah diberikan Allah. Isi alam ini semua diperuntukan bagi kita. Sangat wajar harus kira maknai sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur kita”. Ucap walikota.

Selain membuka acara sedekah bumi walikota juga memberikan tali asih kepada dalang Ki Taryo Carito dan para pemenang lomba Festival Da’i.

Top